Cara untuk Mengurangi Biaya Lisensi

Berapa biaya terbesar yang Anda miliki sebagai manajer Mainframe? Biaya lisensi perangkat lunak – biaya reguler yang diperlukan untuk menjalankan perangkat lunak, dan untuk mendapatkan dukungan jika rusak. Artikel ini memberikan sepuluh cara untuk menurunkan biaya ini.

Periksa Anda benar-benar membutuhkannya .
Jangan tertawa. Ini kedengarannya jelas, tetapi terlalu mudah untuk perangkat lunak yang tidak lagi diperlukan untuk Pengembang Perangkat Lunak melewati celah. Misalnya, Anda mungkin memiliki beberapa perangkat lunak yang awalnya diperlukan untuk aplikasi CICS yang sejak itu pindah ke tempat lain.

Anda juga mungkin memiliki perangkat lunak berlisensi untuk semua gambar z / OS, tetapi hanya digunakan pada satu.

Pastikan Anda benar-benar menggunakannya.
Karena beban kerja Mainframe Anda berubah seiring waktu, terlalu mudah untuk menggunakan produk perangkat lunak untuk secara diam-diam menurun tanpa disadari oleh manajer Mainframe. Anda mungkin membayar ribuan dolar untuk produk yang hanya digunakan oleh beberapa orang.

Anda perlu secara teratur menganalisis penggunaan perangkat lunak Anda, dan menjadwalkan penghapusan perangkat lunak apa pun yang tidak lagi diperlukan.

Pastikan Anda tidak memiliki dua produk melakukan hal yang sama.
Anda dapat menggunakan semua perangkat lunak Anda, tetapi memiliki dua produk perangkat lunak yang menjalankan fungsi yang jasa pembuatan software yogyakarta sama atau serupa. Anda perlu memahami sepenuhnya inventaris perangkat lunak Anda, dan bagaimana tepatnya setiap produk digunakan.

Selidiki harga sub-kapasitas .
Sebagian besar biaya lisensi perangkat lunak didasarkan pada ukuran setiap LPAR yang menjalankan perangkat lunak tersebut – peringkat MSU . Anda dapat menemukan nilai ini dari situs web IBM atau program untuk memanggil layanan IWMQVS IBM.

Beberapa tahun yang lalu IBM memperkenalkan opsi lain: Harga Sub-Kapasitas . Di sinilah biaya lisensi perangkat lunak Anda didasarkan pada penggunaan CPU Anda, bukan pada ukuran LPAR Anda. Jadi perangkat lunak yang berjalan pada LPAR yang lebih jarang digunakan akan lebih murah. Itu juga membuat upgrade lebih mudah untuk dibenarkan karena Anda tidak terkena kenaikan biaya perangkat lunak dengan prosesor yang lebih besar.

IBM bukan satu-satunya vendor yang menawarkan Harga Sub-Kapasitas. Vendor lain seperti BMC dan CA juga ikut-ikutan.

Atur kembali LPAR Anda .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *